Kamis, 02 Agustus 2012

Manfaat Menggosok Gigi


Dengan menggosok gigi secara benar, kita akan mendapatkan manfaat menggosok gigi, di antaranya sebagai berikut.
1.            Gigi yang putih dan bersih
Dengan memiliki gigi putih bersih pastinya akan ada banyak keuntungan yang kita dapat. Kesehatan dan kebersihan gigi bisa menjadi nilai plus dalam setiap penampilan kita. Dengan gigi yang putih dan bersih, kita akan semakin percaya diri saat berkomunikasi dengan orang lain. Lain halnya jika gigi kita kuning karena jarang menggosok gigi. Rasa percaya diri kita pasti akan berkurang.
2.            Mengatasi bau napas tak sedap
Memiliki napas dengan bau tak sedap pasti membuat kita tersiksa. Banyak orang akan memilih menghindar saat kita sedang bicara. Sebetulnya, ada banyak hal yang bisa menyebabkan bau mulut. Salah satu penyebabnya adalah dari makanan yang kita makan. Sisa-sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi akan menyebabkan bau busuk dan membuat napas kita jadi bau. Oleh karena itu, menyikat gigi dengan benar ditambah berkumur dapat mengatasi bau pada mulut. Karena sikat dan pasta gigi akan membatu kita menghilangkan sisa-sisa makanan tersebut.
3.            Mencegah gigi berlubang
Penyebab gigi berlubang dikarenakan adanya pertemuan antara bakteri dan gula. Bakteri tersebut akan mengubah gula dari sisa makanan menjadi asam. Hal ini akan membuat lingkungan sekitar gigi menjadi asam. Nah, asam inilah yang akan membuat lubang kecil pada email gigi. Jika tidak dicegah, maka lubang pada gigi akan semakin membesar. Untuk mencegah terjadinya gigi berlubang, sebaiknya menggosok gigi 2 kali sehari sekitar 20 atau 30 menit sesudah makan supaya pH dalam rongga mulut kembali normal. Jika terdapat kondisi yang tidak memungkinkan kita untuk menggosok gigi, kita bisa menggantinya dengan cara berkumur dengan air bersih.


4.              Mencegah sakit gigi
Sakit gigi tidak hanya dialami oleh anak-anak, namun orang dewasa, remaja, bahkan orang tua pun bisa mengalami sakit gigi. Sakit gigi bisa disebabkan oleh berbagai hal dengan penyakit yang bervariasi. Sayangnya, masih banyak orang yang kurang menyadari bahaya dari penyakit gigi yang ternyata bisa menyebabkan penyakit-penyakit berat hingga kematian. Dalam sebuah media massa di Amerika, diberitakan seorang anak berusia 12 tahun meninggal karena penyakit pada giginya (salah satu giginya bernanah). Hal ini disebabkan karena si anak tidak pernah mendapat perawatan pada giginya karena berasal dari keluarga miskin.
Beberapa penyakit gigi dapat menimbulkan komplikasi, di mana kuman-kuman dari gigi menjalar ke otak, efek yang dirasakan umumnya membuat rasa sakit di kepala. Beberapa juga menimbulkan penyakit pada pembuluh darah yang jika terjadi penggumpalan darah di daerah otak maka akan mengakibatkan stroke dan serangan jantung. Dengan menggosok gigi secara rutin, setidaknya kita dapat membatu diri sendiri agar terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar